Ciri Khas Ruhnya Pagar Nusa Ranting Gondang, Rutinan Tahlilan dan Kenduren

indonesiasatu, 05 Mar 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Segenap pemuda yang tergabung di Pencak Silat Nahdhatul Ulama (PSNU) ranting Balonggebang, Kecamatan Gondang, Nganjuk mengadakan rutinan jumat legian dan tahlilan yang bertempat di Dusun Balongrejo, Desa Balonggebang, Gondang. Acara tersebut dimulai pada pukul 20.00 dengan iringan Sholawat serta pembacaan Tahlil bersama. Kamis (5/3/2020).

Rutinan jumat legian dan tahlil kali ini dihadiri delapan puluh pemuda pendekar Pagar Nusa. Ketua Ranting Pagar Nusa Kang Agus. juga ikut serta hadir perangkat desa Balonggebang Muslim (Modin) Ketua RT Dusun Balongrejo Hari dan puluhan pemuda.

Kang Agus selaku ketua ranting Pagar Nusa Balonggebang, Gondang menyampaikan dalam acara yang biasa dilaksanakan pada setiap malam jumat legi menjadi tradisi turun temurun dari ulama.

"Tradisi semacam ini, yakni yasinan, tahlilan, kenduren, itulah ciri khas amaliyah Pagar Nusa yang tidak bertentangan dengan ajaran agama Islam,"paparnya

Lanjut Kang Agus, tradisi ini sudah mendarah daging pada zaman dahulu kalau ada orang meninggal, malam harinya orang orang berkumpul untuk melakukan aktivitas yang tidak bermanfaat, bahkan cenderung berma’siat sehingga di ganti yasinan dan tahlilan," kata pria yang bertubuh kekar

Pagar Nusa merupakan Banom NU, secara kelembagaan harus mampu menjawab tantangan dan menghadapi dengan semangat kebersamaan antara satu dengan yang lain. Tentunya sinergitas Pagar Nusa harus terus dikuatkan dengan pengabdian nyata kepada masyarakat sebagai kekuatan dakwah dalam mengembangkan ideologi Ahlussunnah wal Jamaah dan Pancasila sebagai wujud akan cinta tanah air dan bangsa. (Joko/Nardi/Widodo/Kla)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu